Minggu, 15 Desember 2013

Belajar : Ekologi Perairan dan Statistika

Gyaaa finally kesampean juga buat ngerangkum apa yang usah gue pelajarin selama kuliah hari ini di blog. Selain biar lebih inget karena secara nggak langsung gue nulis ulang itu materi yaa mudah-mudahan ada sedikit ilmu yang bisa didapat sama temen-temen yang mungkin baca :)
Okeh, this week gue belajar tentang konsep komunitas di mata kuliah ekoper. Dosennya pak Saiful, beliau juga dospem gue *ngomonglagiaja* haha. Jadi, komunitas itu kumpulan populasi-populasi yang hidup dalam daerah atau habitat fisik yang telah ditentukan. Komunitas itu terbagi 2, ada utama sama minor. Oh iya, dalam komunitas juga penting adanya produsen, konsumen sama dominansi. Nah, dominansi ini yang nantinya bisa bikin kita tahu nama komunitas itu apa. Nggak mungkin kan yang dominannya padang rumput tapi kita nyebutnya komunitas padang pasir :D
Di bahasan komunitas ini juga gue belajar tentang indeks keseragaman, indeks keragaman, sama indeks dominansi. Ketiganya punya rumus masing-masing, bisa search sendiri di si embah kalo mau lebih paham. Bukan nggak paham tapi ya emang agak susah dijelaskan dengan kata-kata haha. Sebelum zuhur kuliah pertama selesai. Ba'da zuhur dilanjut sama kuliah Statistika. Duh, ini mata kuliah cihiw banget pokoknya. Bisa bikin orang biasa jadi luar biasa stres, bisa bikin matahari yang panas jadi gelap gulita, bisa bikin yang stres jadi setengah mati. Hidup segan mati tak mau, haha. Sebenernya sih nggak susah-susah amat, tapi ya harus konsentrasi sebaik yang elu bisa. Kamis ini nggak ada materi khusus, karena tugas minggu kemaren bikin kelabakan anak-anak sekelas. "Ada yang sulit?" tanya pak dosen. "Nggak ngerti paaak!" serempak dijawab anak-anak. Ditanya yang nggak ngertinya bagian apa, ya semuanyaa haha. Akhirnya si bapak yang cool agak diem kaku dan nggak pernah senyum jebolan Belanda ini dengan senang hati menjelaskan kembali deh. Runtut dari A sampe Z. Mau tau solanya? nah, soalnya itu tentang hipotesis yang ragamnya tidak homogen. Rumusnya jals beda sama ragam yang homogen. Ini agak ngejelimet. Cara buat nentuin ragam itu homogen atau tidak itu harus pake yang namanya tabel F. Baca tabel f-nya jangan salah lho yaa nanti salah juga nilainya. Rumus dari uji F itu adalah ragam sampel 1 dibagi ragam sampel2. Nah, sampel satu itu yang ragamnya lebih besar yaa. Tapi kalo udah masuk rumus buat cari Selang Kepercayaan sampel satu itu ya sesuai datanya aja. Nah, kalo fhitungnya > f tabel berarti ragamnya tidak homogen. Sedangkan kalo fhitung<ftabel ya berarti ragamnya homogen. So simple toh? bhahaha Alur buat ngerjain satu soal aja muter-muternya bukan main. Harus cari degree of freedom dulu, teru cari nilai d, liat tabel, kali-kali, bagi-bagi, tambah-tambah, akar-akar pokoknya lengkaaap banget. Whateverlah, I Love Statistic, Lol. Yang penting tetep semangat belajar  dan fokus ajadeh :)

Nb: ini tulisan ketunda gegara sempet sok sibuk, tapi tetep dipajang ajalah yaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar