Senin, 10 Februari 2014

Dimanapun dan Kapanpun, Sholat Tetaplah Kewajiban

Awal mula tulisan ini sih karena gue buka buku lama, pas jamannya adik kelas gue angkatan 2013 ngelaksanain MOMB atau Masa Orientasi Mahasiswa Baru. Fyi aja, gue ini orangnya suka nyatet atau bikin nota kecil kalo nemu baliho atau apalah di jalan yang ada kalimat yang ngga biasanya, ya bisa dibilang yang jarang-jarang muncul ke permukaan gitu haha. Jadi, pas ramenya kegiatan MOMB di kampus, gue sempet mampir ke kampus walaupun libur. Lupa sih ada perlu apa waktu itu yang gue inget gue nemu tulisan kaya gini :
Disiplin SHOLAT saat MOMB 
Karakter Untirta Religius.
Selamat Datang 
Mahasiswa baru 
Di Kampus Perjuangan
Untirta - Banten. 
Nah,  itu tulisan yang majang di baliho samping rektorat sekitar satu mingguanlah. Gue setuju dengan tulisan di baliho ini, karena dimanapun kita berada dan sesibuk apapun kita sejatinya sholat tetaplah suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan (buat muslim tentunya). Gue nggak tau sih siapa yang pasang dan bikin itu baliho jadi ya kemungkinan tujuannya pun tergantung dari siapa yang majangnya, entah kritikan dari mahasiswa non panitia atau memang kemajuan dari pihak panitia. Kenapa? karena seinget gue pas jamannya gue jadi maba tahun 2012 lalu, kampus gue sempet masuk koran karena ada kabar panitia P2KK ngga ngasih waktu sholat buat maba. Gue ngga tau pasti sih fakultas apa yang ngalamin hal itu atau fakultas apa juga yang ngadain aksi di jalan (karena kata teteh gue yang baca berita di koran ada foto mahasiswa lagi demonya juga). Soalnya fakultas gue mah okeh-okeh aja tuh kegiatan P2KK-nya. Ngga ada yang namanya kita sebagai muslim ngga dikasih waktu sholat. Itu hak kita lho. Gue sih menikmati aja tuh kegiatan P2KK kala itu, meskipun ada bentak-bentakannya. tapi ngga apa-apa, apa yang udah diajarin dan dibagi sama panitia pada saat itu bermanfaat banget buat gue. Yups ternyata bener, kampus gue itu kampus perjuangan. Elu harus berjuang keras kalo mau berubah jadi lebih baik. Semisal elu dikasih tugas bikin jurnal perikanan dan butuh referensi maka elu harus berjuang keras karena di perpus kampus buku tentang perikanan minim banget mungkin hanya memenuhi 3-5% dari kebutuhan lu (ini agak wajar sih, perikanan baru punya 6 angkatan).  So, we need to hard work right? 
Balik ke awal, pada intinya kalo misalnya elu ikut kegiatan yang sifatnya wajib dan kegiatan itu cukup padet ya elu harus tetep jalanin kewajiban lu sebagai makhluk Tuhan yang beragama. Ngga hanya islam sih kalo menurut gue mah, kalopun non muslim ya kalo harus beribadah ya beribadah. Contohnya gue punya temen nih, dia non muslim. Tiap minggu rajin ibadah ke gereja yang naek angkot sekali dari rumahnya. Nah, suatu  minggu ada kegiatan kampus yang harus diikutin oleh smeua mahasiswa yaitu praktikum lapangan. Sebagai orang yang memang berkewajiban untuk beribadah dia minta tenggang waktu buat izin datang terlambat karena harus ibadah dulu. Diizinin gak? ya jelas iyalah, orang beribadah itu kewajiban tiap umat sebagai bukti penghambaan kepada Tuhan yang Maha Esa. jadi, segimanapun padetnya kegiatan lu jangan terlalu mentingin dunia, harus tetep sholat. Karena sholat adalah ibadah pertama yang akan ditanyakan Allah pertanggung jawabannya di akhirat kelak. Yuks istiqomah sholatnyaaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar