Selasa, 19 Maret 2013

Learning by Doing

Tinggal jauh dari orang tua sebenarnya sudah saya alami selama 5 tahun. ketika saya duduk di bangku kelas 8 (kelas 2 smp, red) saya pindah dari kota Bogor ke kota Cilegon dalam rangka menemani my oldest sister yang ditinggal suaminya yang pergi ke Jogjakarta dalam rangka menempuh pendidikan pascasarjana secara gratis alias schoolarship. Awalnya sih kehidupan saya serasa'sepi' dan 'menyedihkan' ya secara saya tinggal seorang i mean gak ada kakak, adek atau teteh-teteh saya yang biasanya saya ajak rusuh atau curhat. jadi kadang sedih deh sendirian, ditambah budaya yang berbeda antara kota hujan dan kota baja tersebut. tapi 5 tahun disana menunjukkan bahwasanya i can survive dan betah toh? ya mau gak betah juga akan menambah sedih di hati wkwk jadi it's better untuk menyatakan bahwa aku Bahagiaaa.
Awalnya memang belum terbiasa dengan keadaan, kehidupan dan kebiasaan disana. tapi ternyata, secara tidak langsung, saya belajar banyak hal dari rantauan saya ini. pelajaran-pelajaran tersebut banyak saya rasa manfaatnya semenjak saya masuk kuliah karena jauh dari orang tua dan keluarga saya ngekos deh. dan menjadi anak kosan itu sama sekali gak mudah lho (serius banget ini mah) karena banyak hal yang terkadang tidak kita lakukan tapi harus kita lakukan di kosan, ya karena kita tidak bisa mengharapkan dari orang lain. semuanya harus dikerjakan sendiri. yang paling ngena sih karena semasa di tempat kaka saya sudah terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri karenanya ketika saya di kosan semuanya terasa lebih mudah, sudah terbiasa gitu deh. dari mulai ngepel, nyuci baju, nyuci piring, nyetrika, masak, deelel. ya walopun kosannya cuma satu kamar dan itu gak gede-gede banget tapi tetep pentinglah buat jaga kebersihan dan nagtur semuanya. kadang kan kalo lagi cape dan mumet banget dengan tugas-tugas kuliah dan seabrek permasalahan kehidupan jangankan mau ngerapihin dan beres-beres kosan, nyimpen buku di tempatnya aja males *apasih haha
pada intinya pula (uhuk-uhuk *rektor ceramah) saya merasa lebih menjadi diri saya sendiri selama jadi anak kosan, walo paling sering ngegalau karena harus mikirin makan dan uang kosan, karena saya bisa mengexplor semuanya (dalam konteks positif tentunya) dalam waktu 24 jam. BENAR-benar 24 jam, malah terkadang saya merasa bahwa saya butuh 3 hari sabtu dan 3 hari minggu di tiap minggunya (jadi berapa hari tuh seminggu? wkwk ) untuk 'melampiaskan' hasrat bersosialisasi saya. taukah anda rasanya galau ketika anda harus menghadiri dua tempat yang berbeda di waktu yang sama? duh aduh nyesek banget deh itu. Intinya lagi (banyak amat yak? wkwk) ketika anda dan saya (kita, red) menjadi anak kosan dan kita menikmati kehidupan dan kekejaman dunia kepada kita, sesungguhnya banyak hal yang sedang kita pelajari -sadar atau tidak- yang nantinya tentu akan sangat berguna bagi kita, terutama mengubah cara berfikir kita untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan berjiwa enterpreneur :)

Thanks for reading! See you ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar